Tips Sukses Usaha Waralaba Makanan Kebab Baba Rafi



Semua pengusaha pasti ingin usahanya berkembang, sama halnya dengan Hendy Setiono pemilik Kebab Baba Rafi. Mula-mula menggeluti bisnis ini terinspirasi saat ia mengujungi timur tengah yang sering menemukan toko kebab. Pada saat itu ia memiliki niatan ingin memulai usaha serupa menginat di Indonesia sendiri usaha waralaba makanan kebab masih belum banyak pesaingnya. Akhirnya pada 2003 teralisasilah mimpi membuka usaha tersebut, dimulai dengan modal Rp 4 juta ia membeli peralatan dan gerobak yang dimodifikasi olehnya. Awal mulai memulai usaha diakui sulit sekali menjaga standar daging sapi karena masih memproduksi sendiri namun kini ia sudah bekerja sama dengan PT belfood Indonesia sehingga untuk produksi daging kebab sudah tidak menjadi malasah lagi. Selain sudah bekerja sama dengan produsen daging, lelaki asal Surabaya ini juga sudah memiliki mitra lebih dari 1000 yang tersebar di nusantara bahkan negara tetangga.  


Keuksesan yang diraihnya kini tidak serta-merta ia simpan sendiri. Ia sering sekali diundang acara seminar kewirausahaan dan membagi tips sukses membangun usaha menjadi bisnis waralaba yang besar. Berikut adalah beberapa tips yang ia sampaikan. 

Branding dan packaging kunci pertama suksesnya bisnis
Selain produk branding dan packaging juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk membangun usaha. Sehingga menuntut pengusaha untuk dapat memperkenalkan nama brandnya ke masyarakat. Anda harus bersedia mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk menambah cabang. Setelah merek Anda dikenal secara nasional maka Anda dapat menawarkan usaha kemitraan dalam bentuk waralaba. 

Survei pasar dan meriset produk
Pada saat menentukan cabang usaha ada baiknya untuk melakukan survei pasar terlebih dahulu. Tentukan lokasi yang sesuai dan selain itu survei permintaan konsumen juga diperlukan sebelum membuka usaha. Agar produk lebih berkualitas lakukan riset produk untuk meningkatkan penjualan Anda. 

Inovasi produk
Bisnis akan terus berjalan jika si pengusaha dapat berinovasi baik dalam tekanan ekonomi global maupun yang kurang baik. Dalam artian pengusaha harus terus mengembangkan baik layanannya, produk dan juga kemasannya. Hal ini akan meningkatkan rasa kepercayaan dan loyalitas para konsumen. 

Utamakan kemasan yang higenis dan praktis
Kebab Baba Rafi ingin memberikan pengalaman yang menyenagkan untuk para konsumen saat menyantap makanan. Kebab dibungkus dengan kertas yang ujungnya dapat ditarik sedikit demi sedikit sehingga makanan akan dengan mudah dimakan. 

Penyesuaian rasa kebab
Karena makanan yang dipilih ini adalah makanan khas turki, otomatis ada citra rasa lain yang kurang cocok di lidah konsumen. Oleh karena itu pengusaha perlu melakukan riset untuk mencari kebutuhan konsumen agar dapat menyesuaikan dengan keinginan pasar. 

Edukasi konsumen melalui viral marketing
Kurangnya informasi mengenai usaha yang Anda geluti juga menjadi salah satu factor mengapa usaha Anda masih saja terhambat. Untuk itu penggunaan media sosial seperti FB, twitter, blog dan lainnya diperlukan untuk memberikan informasi tentang produk yang Anda tawarkan kepada konsumen. 

Demikian kiat sukses usaha waralaba makanan Kebab Baba Rafi, semoga bisa menjadi inspirasi Anda pengusaha yang ingin bisnisnya berkembang menjadi usaha waralaba. Semoga sukses.

0 Response to "Tips Sukses Usaha Waralaba Makanan Kebab Baba Rafi "

Posting Komentar