Semua
pengusaha pasti ingin usahanya berkembang, sama halnya dengan Hendy Setiono
pemilik Kebab Baba Rafi. Mula-mula menggeluti bisnis ini terinspirasi saat ia
mengujungi timur tengah yang sering menemukan toko kebab. Pada saat itu ia memiliki
niatan ingin memulai usaha serupa menginat di Indonesia sendiri usaha waralaba
makanan kebab masih belum banyak pesaingnya. Akhirnya pada 2003 teralisasilah mimpi
membuka usaha tersebut, dimulai dengan modal Rp 4 juta ia membeli peralatan dan
gerobak yang dimodifikasi olehnya. Awal mulai memulai usaha diakui sulit sekali
menjaga standar daging sapi karena masih memproduksi sendiri namun kini ia
sudah bekerja sama dengan PT belfood Indonesia sehingga untuk produksi daging
kebab sudah tidak menjadi malasah lagi. Selain sudah bekerja sama dengan
produsen daging, lelaki asal Surabaya ini juga sudah memiliki mitra lebih dari
1000 yang tersebar di nusantara bahkan negara tetangga.
Keuksesan
yang diraihnya kini tidak serta-merta ia simpan sendiri. Ia sering sekali
diundang acara seminar kewirausahaan dan membagi tips sukses membangun usaha menjadi bisnis waralaba yang besar. Berikut adalah beberapa tips yang ia sampaikan.
Branding dan packaging kunci
pertama suksesnya bisnis
Selain
produk branding dan packaging juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk
membangun usaha. Sehingga menuntut pengusaha untuk dapat memperkenalkan nama
brandnya ke masyarakat. Anda harus bersedia mengeluarkan modal yang tidak
sedikit untuk menambah cabang. Setelah merek Anda dikenal secara nasional maka
Anda dapat menawarkan usaha kemitraan dalam bentuk waralaba.
Survei pasar dan meriset
produk
Pada
saat menentukan cabang usaha ada baiknya untuk melakukan survei pasar terlebih
dahulu. Tentukan lokasi yang sesuai dan selain itu survei permintaan konsumen juga
diperlukan sebelum membuka usaha. Agar produk lebih berkualitas lakukan riset
produk untuk meningkatkan penjualan Anda.
Inovasi produk
Bisnis
akan terus berjalan jika si pengusaha dapat berinovasi baik dalam tekanan
ekonomi global maupun yang kurang baik. Dalam artian pengusaha harus terus
mengembangkan baik layanannya, produk dan juga kemasannya. Hal ini akan
meningkatkan rasa kepercayaan dan loyalitas para konsumen.
Utamakan kemasan yang
higenis dan praktis
Kebab
Baba Rafi ingin memberikan pengalaman yang menyenagkan untuk para konsumen saat
menyantap makanan. Kebab dibungkus dengan kertas yang ujungnya dapat ditarik
sedikit demi sedikit sehingga makanan akan dengan mudah dimakan.
Penyesuaian rasa kebab
Karena
makanan yang dipilih ini adalah makanan khas turki, otomatis ada citra rasa
lain yang kurang cocok di lidah konsumen. Oleh karena itu pengusaha perlu melakukan
riset untuk mencari kebutuhan konsumen agar dapat menyesuaikan dengan keinginan
pasar.
Edukasi konsumen melalui
viral marketing
Kurangnya
informasi mengenai usaha yang Anda geluti juga menjadi salah satu factor mengapa
usaha Anda masih saja terhambat. Untuk itu penggunaan media sosial seperti FB,
twitter, blog dan lainnya diperlukan untuk memberikan informasi tentang produk
yang Anda tawarkan kepada konsumen.
Demikian
kiat sukses usaha waralaba makanan Kebab Baba Rafi, semoga bisa menjadi
inspirasi Anda pengusaha yang ingin bisnisnya berkembang menjadi usaha
waralaba. Semoga sukses.
0 Response to "Tips Sukses Usaha Waralaba Makanan Kebab Baba Rafi "
Posting Komentar